EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Literasi Kimia Pada Materi Hukum Dasar Kimia

Sarifah Putri Nada Fadillah (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Erlina Erlina (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Husna Amalya Melati (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Andi Ifriany Harun (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Rody Putra Sartika (Universitas Tanjungpura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada hasil wawancara dengan satu dosen dan 6 mahasiswa yang mengatakan bahwa materi hukum dasar kimia merupakan materi yang sulit dalam penguasaan konsep dan mengaitkan hukum dasar kimia dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran pada materi hukum-hukum dasar kimia yang memiliki 3 aspek literasi kimia yang diadaptasi oleh PISA 2018 (konteks, kompetensi, pengetahuan) dan mengetahui tingkat validitas media pembelajaran tersebut. Penelitian ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Persentase penilaian ahli pada tiap aspek materi, media dan bahasa masing-masing adalah 94,67%, 90,83% dan 97,33%. Uji respon memberikan nilai persentase sebesar 85,51%. Kedua hasil tersebut menunjukkan bahwa video yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk mendukung pemahaman siswa dalam mempelajari hukum dasar kimia

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...