EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Efektifitas Pembelajaran Daring melalui Aplikasi Zoom terhadap Minat Belajar Siswa

Niken Septantiningtyas (Universitas Nurul Jadid Probolinggo, Indonesia)
Muhammad Kholil (Universitas Nurul Jadid Probolinggo, Indonesia)
Rohaniatul Mutmainnah (Universitas Nurul Jadid Probolinggo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang efektivitas pembelajaran melalui zoom dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MI Ihayuddiniyah. Minat belajar merupakan hal yang cukup penting dalam pembelajaran online. Sebab, pembelajaran online memiliki banyak faktor negatif, salah satunya mengenai rendahnya minat belajar siswa saat belajar online. Penelitian ini berfokus pada upaya guru di MI Ihyauddiniyah dalam mengefektifkan pembelajaran dengan zoom agar dapat menarik minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif. Data diperoleh dengan observasi dan wawancara. Adapun teknik pengambilan sumber dengan purposive sampling, menghasilkan beberapa informan yaitu lima orang yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, guru,siswa, wali siswa MI Ihyauddiniyah. Analisis data dilakukan dengan mengacu pada konsep pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Guru harus menguasai pemanfaatan teknologi, (2) Komunikasi interaktif, (3) Menyajikan materi secara kreatif, (4) Memulai pembelajaran dengan ice breaking, (5) Reward and punishment

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...