EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Aan Fitriana Simanjuntak (Universitas Terbuka, Indonesia)
Rahmad Husein (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
Ajat Sudrajat (Universitas Terbuka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2022

Abstract

Model pembelajaran dan karakteristik siswa adalah faktor yang mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan menggunakan model inkuiri terbimbing dengan menggunakan pembelajaran ekspositori, menganalisis perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dengan memiliki keterampilan sosial rendah dan menganalisis interaksi antara metode pembelajaran dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar IPS siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 54 orang terdiri dari 2 (dua) kelas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen. Teknik analisis menggunakan Anova 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa menggunakan model inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada hasil belajar IPS siswa dengan ekspositori, hasil belajar IPS siswa memiliki keterampilan sosial tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar IPS siswa memiliki keterampilan sosial rendah. Berdasarkan hasil uji Anova diketahui bahwa harga sig=0,041<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan keterampilan sosial dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...