EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Pengembangan Instrumen Rubrik Penskoran untuk Menilai Kemampuan Menyimak Siswa Sekolah Dasar

Decenni Amelia (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Neni Maulidah (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam kemampuan menyimak di SDN 01 Perwira Bekasi, menyimak sering tidak dianggap sebagai pembelajaran yang perlu persiapan ataupun direncanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen rubrik penskoran kemampuan menyimak siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah pengembangan dan validasi instrumen, metode ini merupakan bagian dari kuasi eksperimen. Validasi rubrik penskoran menyimak ini dilakukan oleh satu dosen ahli di bidang menyimak dan satu dosen ahli di bidang Bahasa Indonesia. Hasil penelitian hasil perhitungan jumlah total rata-rata dari keseluruhan penilaian tim validator adalah 3.7, maka instrumen tersebut dinyatakan telah layak digunakan untuk menilai kemampuan menyimak siswa kelas V sekolah dasar. Selanjutnya hasil pengembangan instrumen rubrik penilaian keterampilan menyimak ini bisa menjadi indikator bagi guru dalam menilai siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menyimak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...