JKP (Jurnal Konseling Pendidikan)
Vol 6 No 1 (2022): JKP (Jurnal Konseling Pendidikan)

MENINGKATKAN DISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IX MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMPN 2 SURALAGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Septriyogi, L. M Sasaki (Unknown)
Musifuddin, Musifuddin (Unknown)
Aulia, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan disiplin belajar siswa kelas IX melalui layanan bimbingan kelompok di SMPN 2 Suralaga tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian eksperimen, dan untuk desain yang digunakan yaitu Pre-Experimental Designs (Nondesigns), One-Group Pre-test- Post-test Designs. Data dianalisis menggunakan uji-t satu pihak. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (2,53 >2,015) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada BAB IV maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan disiplin belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas IX SMPN 2 Suralaga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JKP terbit dua kali setahun yaitu bulan Juni dan Desember dengan nomor eISSN: 2549-841X. Adapun tujuannya adalah mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian teoritis (invited authors) dalam bidang bimbingan dan konseling yang belum pernah dipublikasikan. Penulis bisa berasal dari ...