Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 4, No 4 (2022)

Strategi Pemanfaatan Technopreneurship melalui E-Commerce untuk Meningkatkan Omzet Tenun Samarinda

Riyo Riyadi (Mulawarman University)
Ilham Abu (Mulawarman University)
Nasib Subagio (Mulawarman University)
Reza Reza (Mulawarman University)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) perlu dikembangkan agar dapat mendorong perekonomian masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut. Selama ini pemasaran yang dilakukan oleh sebagian besar UMKM di Samarinda salah satunya usaha tenun masih secara konvensional. Produksi kain tenun tidak diimbangi dengan progres penjualan yang bagus, kondisi ini membuat kurangnya omzet yang di dapat. Berdasarkan kondisi dan situasi yang dialami penenun di Kelurahan Tenun Samarinda maka dirasa perlu melakukan kegiatan pengenalan technopreneurship memperluas cakupan pemasaran dan dapat meningkatkan omzet. Kegiatan ini dilakukan dengan cara melaksanakan pelatihan dan pendampingan membuat sistem e-commerce berbasis web. Pelatihan dan pendampinan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan omzet penjualan dari para penenun yang ada di Kelurahan Tenun Samarinda. Metode yang dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan aplikasi e-commerce hingga evaluasi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada bulan september 2021. Semua rangkaian kegiatan berjalan dengan baik dan lancar serta mendapat respon yang baik oleh para peserta kegiatan. Hasil kegiatan ada 5 usaha tenun yang memiliki akun e-commerce yang siap digunakan dengan harapan bisa meningkatkan kesejahteraan para penenun. The potential of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) needs to be developed to encourage the community's economy and increase the welfare of the community. So far, the marketing carried out by most MSMEs in Samarinda, one of which is the weaving business, is still conventional. The production of woven fabrics needs to be balanced with good sales progress, and this condition makes the lack of turnover obtained. Based on the conditions experienced by weavers in Samarinda Weaving Village, it is necessary to carry out technopreneurship introduction activities to expand marketing coverage and can increase turnover. This activity is carried out by training and assistance in creating a web-based e-commerce system. This training and decommissioning aim to increase the sales turnover of the weavers in the Samarinda Weaving Village. The method provides training and assistance in making e-commerce applications for evaluation. The implementation of the activity was in September 2021. All activities went well and smoothly, and we received a good response from the participants. As a result of the activity, five weaving businesses have e-commerce accounts that are ready to be used to improve the welfare of weavers. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

btj

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat publishes articles from community service. This Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is periodically published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat published ...