ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model SAVI terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X MA Mazro’illah Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan eksperimen murni. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Populasi siswa kelas X berjumlah 59 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan sampel adalah kelas X MIA berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dengan teknik tes. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui harga = 2,688. Hasil ini dikonsultasikan dengan pada daftar distribusi t dengan taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan dk= = 29+30-2=57, dengan demikian diperoleh (2,660) untuk taraf signifikansi 1%. Untuk taraf signifikansi 5% ) (2,000). Hal ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan lebih besar dari pada baik pada taraf signifikasi 1% maupun 5 %. Hasil perhitungan uji t ini dapat ditulis seperti ini, 1% < > 5% atau 2,660 < 2,688 > 2,000. Maka ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model SAVI terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X MA Mazro’illah Lubuklinggau. Kata Kunci:Pengaruh, Model Somatic, Auditori, Visual, Intelktual (SAVI), Keterampilan Menulis Puisi.
Copyrights © 2021