Matematika adalah cabang ilmu yang membantu dalam meningkatkan logika dan berpikir. Telah dilakukan penelitian di SMAN 1 Kramatwatu untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar matematika siswa kelas 11 IPA. Siswa yang diambil sebagai bagian dalam penelitian ini berfungsi sebagai subjek penelitian dan sumber data. Di dalam penelitian ini digunakan dua metode yaitu metode kuantitatif dengan survei angket yang diberikan kepada siswa dan metode kualitatif dengan observasi tingkah laku siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung di kelas. Hasil survei angket siswa mengungkapkan bahwa ada perbandingan antara jumlah siswa yang memiliki minat belajar matematika tinggi dengan jumlah siswa yang memiliki minat belajar matematika rendah, sementara hasil penelitian melalui observasi mengungkapkan bahwa pembelajaran matematika di kelas sangat aktif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa baik faktor internal maupun eksternal, seperti yang ditunjukkan dari hasil penelitian berdasarkan angket dan observasi, memiliki pengaruh terhadap tingkat minat belajar matematika siswa kelas 11 IPA di SMAN 1 Kramatwatu.
Copyrights © 2022