Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD
Vol 2 No 2 (2022): Agustus 2022

Pengembangan Profesionalitas Guru dalam Memahami Karakter Siswa Sekolah Dasar

Aisyah Sabilla Rahmi (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Siti Fatiya Rosyidah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Fiki Risma Durrotul Mukhoyyaroh (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Ika Damayanti (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Shabrina Salsabila (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Istiningsih Istiningsih (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2022

Abstract

Perkembangan zaman yang pesat tidak mampu menggantikan seorang guru sebagai pemegang tombak dalam mengembangkan sikap yang dimiliki oleh siswa. Seorang guru perlu mengambangkan profesionalitas guna mencapai karakter yang menjadi tujuan dari pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan yang dilakukan oleh guru profesional dalam memahami karakter dari siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan data diperoleh melalui wawancara dan dilengkapi kajian literatur. Subyek dari penelitian ini adalah salah satu guru kelas V di SDN Brajan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memiliki kemampuan untuk memahami karakteristik siswa dilihat dari beberapa aspek seperti melakukan kontrak belajar, menggunakan berbagai metode pembelajaran serta memberikan pengajaran yang tepat terhadap setiap siswa. Dengan demikian guru telah mampu mengembangkan kemampuan sebagai guru profesional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dawuhguru

Publisher

Subject

Humanities Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education Social Sciences

Description

Fokus kajian dari Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD adalah segala hal yang berhubungan dengan pendidikan dasar pada jenjang MI/SD. Ruang lingkupnya meliputi: - Pendidikan Nilai dan Karakter - Pengembangan Kurikulum MI/SD - Pembelajaran PAI, Tematik, Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika, IPA, IPS, ...