DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 2 No 1 (2022): Diferensial Jurnal Pendidikan Matematika

Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMPS PPM Rahmatul Asri Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

Hafsyah, Hafsyah (Unknown)
A, Ruslimin (Unknown)
Alam, Pratiwi Pujilestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan subjeknya ialah siswa SMPS PPM Rahmatul Asri , kelas IX yang jumlahnya sebanyak 20 siswa. Kemudian pengumpulan data yang di gunakan yaitu memberikan soal instrument kepada siswa sebanyak 5 buti soal. teknik menganalisis yang dilakukan yaitu menilai jawaban siswa berdasarkan tes yang dibagikan, menenetukan jenis-jenis kesalahan dalam menjawab oleh siswa dan mengetahui banyaknya jenis kesalahan siswa. Dari hasil analisi data penelitian menunjukan siswa belum mampu untuk menghitung volume, mengidentifikasi informasi yang termasuk dalam soal, dan belum bisa menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi lengkung. Sehingga bisa di simpulkan bahwa siswa masih belum menguasai konsep bangun ruang sisi lengkung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

diferensial

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di ...