Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh modelpembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses pembelajaran PAI siswa kelas IV SDN Adiarsa Barat V. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya keterampilan proses terhadap pembelajaran PAI. Desainpenelitian ini menggunakan Quasi eksperimental design yang digunakan adalah jenis nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Adiarsa Barat V. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomsampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal dan lembar observasi dengan enam indikator keterampilan proses yaitu, melakukan pengamatan, menafsirkan, mengelompokkan, meramalkan, melaksanakan percobaan, dan mengkomunikasikan. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes sebelum dan sesudah pembelajaran dengan perlakuan. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikasi (2-tailed ) adalah 0,000. Karena nilai signifikansi 0.000 < α = 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikanbahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses antara siswa yangmendapat model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pembelajarankonvensional.Kata kunci: Project Based Learning (PjBL), Keterampilan Proses PAI
Copyrights © 2022