Jurnal MathEducation Nusantara
Vol 5, No 2 (2022): July 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Subaini Subaini (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Irvan Irvan (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Marah Doly Nasution (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2022

Abstract

Permasalahan dalam riset ini adalah kebanyakan siswa kurang mampu mengubah atau membuat pemodelan matematika, sehingga mereka susah dalam meyelesaikan masalah tersebut. Riset ini bertujuan untuk melihat kemampuan berpikir kritis matematis siswa berpengaruh melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes awal (Pre-Test) dan tes akhir (Post-Test). Hasil penelitian menggunakan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung (6,175) setelah dibandingkan dengan ttabel (1,708). Nilai thitung> ttabel 6,175 > 1,708, maka Ha diterima dan H0 ditolak Artinya Ada pengaruh antara model berbasis masalah terhadap berpikir kritis matematis peserta didik kelas 8 SMP

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMN

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini ...