Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 3 (2022): Agustus

Hubungan Antara Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik di SMA Negeri 2 Labuapi

Melia Anggriana (Unknown)
Jamaluddin (Unknown)
Lalu Zulkifli (Unknown)
Sri Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman nilai-nilai pendidikan karakter dengan hasil belajar biologi peserta didik di SMA Negeri 2 Labuapi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X MIA dan IPS di SMA Negeri 2 Labuapi yang berjumlah 90 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Sehingga sampel penelitian berjumlah 90 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan Teknik angket, pedoman wawancara, dan Teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik uji korelasi uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r hitung 0,337 lebih besar dari r Tabel 0,207. Dari hasil analisis data tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman nilai-nilai pendidikan karakter dengan hasil belajar biologi peserta didik di SMA Negeri 2 Labuapi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...