JISOS: Jurnal ilmu sosial
Vol. 1 No. 7: Agustus 2022

PENGARUH PROGRAM GEMAR LITERASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DAN LITERASI DASAR SISWA

Syarifuddin Syarifuddin (STKIP Taman Siswa Bima)
Muhammad Ziaulhaq (STKIP Taman Siswa Bima)
Anggih Tri Cahyadi (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh program Gemar Literasi terhadap kemampuan mengajar guru dan literasi dasar siswa pada sekolah sasaran di Kecamatan Monta. Penelitian ini melibatkan 24 orang guru kelas rendah dan 132 siswa kelas 1 di Kecamatan Monta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa adanya peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran literasi di sekolah sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan literasi dasar siswa pada asesmen awal dan akhir. Kemampuan literasi dasar siswa level pemula terjadi penurunan yang sangat drastis dari 70,45% ke 0%. Sebaliknya, pada empat level lainnya terjadi peningkatan yaitu pada level huruf sebesar 22,57%, level kata sebesar 31,92%, level paragraf sebesar 6,72%, dan level cerita sebesar 9,24%. Penelitian ini juga merekomendasikan agar program Gemar Literasi khususnya pembelajaran TaRL (Teaching at The Right Level) agar diduplikasi ke semua sekolah yang ada di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JISOS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JURNAL ILMU SOSIAL one of the journals published by the Bajang Institute, was established in each month and with printed version of ISSN: 2828-3376 and the online version of ISSN:2828-3368 For submitting your article, please follow this link and follow the author guidelines in this link to meet our ...