Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal. Adapun responden merupakan peserta didik kelas IV SD Negeri Lawang Gintung 2 sebanyak 30 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh antara Persepsi Literasi Membaca (X) terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi (Y) secara analisis statistik dibuktikan dengan hasil uji signifikasi dan regresi dengan persamaan regresi Ŷ= 28,3 + 0,46 (x). Artinya pada tiap kenaikan satu unit variabel persepsi literasi membaca akan meningkat pula kemampuan menulis teks narasi sebesar 0,46 unit. Kekuatan antara Persepsi Literasi Membaca (X) terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi (Y) dibuktikan dengan koefisien korelasi sebesar (rxy) 0,97 dengan koefisien determinasi 0,9409. Hal tersebut telah menunjukan bahwa penaikan dan penurunan kemampuan menulis teks narasi dipengaruhi oleh tingkat persepsi literasi membaca sebesar 94,09% sedangkan 05,91% berasal dari faktor lain, serta hasil pengujian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung 21,787 > ttabel 1,692. Berlandaskan hasil pengolahan data serta pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif yang cukup besar antara persepsi literasi membaca terhadap kemampuan menulis teks narasi. Dengan kata lain semakin besar tingkat persepsi literasi membaca peserta didik maka semakin tinggi kemampuan menulis teks narasinya, begitu pula sebaliknya. Kata kunci : Literasi Membaca, Kemampuan Menulis Teks Narasi.
Copyrights © 2022