Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 11 No 2 (2022): ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi

Uji Validitas Pengembangan E-Modul Materi Ekosistem Sebagai Sumber Belajar Biologi Pada Kelas X SMA

Nurasih Nadira (Universitas Negeri Makassar)
Hamka Lodang (Universitas Negeri Makasar)
Muh. Wiharto (Universitas Negeri Makasar)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2022

Abstract

Modul elektronik (e-modul) materi ekosistem sebagai sumber belajar Biologi merupakan hasil penelitian pengembangan atau Research and Development. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan e-modul materi ekosistem kelas X SMA yang bersifat valid. Penelitian dilaksanakan pada Juli 2022. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen ahli Jurusan Biologi FMIPA UNM selaku validator ahli yang melakukan penilaian validitas terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa produk e-modul yang dikembangkan bersifat valid. Hasil validitas berada pada kategori sangat valid dengan skor validitas e-modul yang diperoleh yaitu 4,29 dengan kategori sangat vaid. Maka, dapat disimpulkan bahwa e-modul materi Ekosistem sebagai sumber belajar Biologi pada Kelas X SMA yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...