Pembelajaran kontekstual merupakan kegiatan yang mengajak peserta didik melihat dunia nyata di sekitar sekolah dan luar sekolah. Pembelajaran yang hanya terfokus pada satu sumber dan di satu setting tempat saja membuat peserta didik merasa jenuh. Sebagai salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru adalah melibatkan tempat wisata sebagai sumber belajar IPS. Sejalan dengan pemanfaatan lingkungan dengan pembelajaran IPS maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan taman Van Der Pijl sebagai sumber belajar IPS. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode deskriptif dan data yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pemanfaatan taman van der pijl sebagai sumber belajar IPS dilakukan dengan melihat aktivitas yang ada di taman seperti interaksi sosial, aktivitas jual beli, taman sebagai pusat pertumbuhan dan taman hijau di kota Banjarbaru yang bisa dijadikan sumber belajar IPS.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022