PROGRESIF
Vol 2 No 2 (2022)

Peranan Pembimbingan Matematika dalam Meningkatkan Kompetensi Matematika Siswa dan Efisiensi Keluarga

Ade Mulyati (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)
Imran Zabidi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)
Lim Hendra (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)
Imron Imron (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)
Dwi Windu Suryono (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2022

Abstract

Pada masa pandemi, tidak semua anak dapat menyerap pelajaran secara optimal lewat pembelajaran jarak jauh. Peserta kegiatan pengabdian masyarakat adalah siswa SMP Tarbiyah Ummah Tasikmalaya kelas 7 sebanyak 32 orang. Pembimbingan mata pelajaran matematika, pembimbingan secara langsung (tatap muka) dilakukan satu minggu sekali setiap hari Senin dalam jangka waktu satu bulan, menyampaikan materi dan memecahkan soal-soal. Selain itu siswa dapat bertanya via whatsapp group yang terdiri dari dosen dan mahasiswa STEI. Pada tanggal 19 Januari 2022 diadakan try-out untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi rasio, aritmatika sosial, diskon, tara dan perbandingan diberikan soal sebanyak 15 pertanyaan. Pilihan ganda 10 soal dan essay 5 soal. Soal diambil dari modul pembelajaran matematika SMP kelas 7 semester 2. Dari jawaban siswa yang terkumpul 16 orang dari 30 orang atau sekitar 53,33% memperoleh nilai ≥ 55 cukup bagus sehingga perlu ditingkatkan lagi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PROGRESIF

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Summary PROGRESIF : Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan is a scientific multidisciplinary journal published by Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. PROGRESIF is at the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of ...