Range : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2022): RANGE Juli 2022

Analisis Kebutuhan E-LKM Kalkulus Integral Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Hesty Marwani Siregar (Universitas Riau)
Titi Solfitri (Universitas Riau)
Syarifah Nur Siregar (Universitas Riau)
Rini Dian Anggraini (Universitas Riau)
Fitri Aldresti (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Perubahan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka harus dilakukan secara daring akibat munculnya virus Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran daring sampai saat ini masih memiliki kekurangan di beberapa hal, seperti pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis yang belum optimal akibat kurangnya keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini menyebabkan, mahasiswa memerlukan bahan ajar seperti e-LKM yang tidak hanya bisa meningkatkan aktivitas mahasiswa tetapi juga kemampuan berpikir kreatif matematis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen penelitian berupa es kemampuan berpikir kreatif matematis, kuesioner, pengamatan, analisis bahan ajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahsiswa membutuhkan e-LKM yang memuat petunjuk, kegiatan, atau langkah kerja, dapat digunakan secara mandiri dimanapun dan kapanpun, serta dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam belajar sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Range: Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education study program on current science issues, namely: (1) Mathematics educator in elementary, secondary and high school level, (2) Mathematics observers and ...