Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 10, No 2 (2022): November

Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar pada Saat Pandemi Covid 19

Syamsudin Arnasik (Universitas Siliwangi)
Yoni Hermawan (Universitas Siliwangi)
Heti Suherti (Universitas Siliwangi)
Suhendra Suhendra (Universitas Siliwangi)
Rendra Gumilar (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial dari kemandirian belajar dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar pada saat pandemi Covid 19. Metode dalam penelitian ini adalah survey dengan mengumpulkan data melalui kuesioner dan menganalisis data secara statistik. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi perwakilan semua angkatan yang berjumlah 141 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS For Windows Release 23. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y= 32,058+0,722X1+0,379X2. Hasil uji hipotesis secara simultan (Uji F) diperoleh signifikansi 0,000, sehingga H1 diterima. Koefisien determinasi simultan (R2) sebesar 36,5%, berarti bahwa kemandirian belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 36,5%. Pengaruh kemandirian belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa sebesar 49,2%, lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa sebesar 22,8%

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...