Kemampuan membaca merupakan tahap kesanggupan anak dalam mengenali huruf dan kata yang kemudian dihubungkan dengan bunyi kemudian dapat memahami makna dari tulisan yang dibaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan salah satu keterampilan berbahasa yang di hubungkan dengan pelajaran Arab Melayu, yaitu keterampilan membaca kata Arab Melayu pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan membaca beberapa kata dalam bentuk Arab Melayu. Sampel penelitian diambil dari 40 siswa-siswi Sekolah Dasar SDN 147 Pekanbaru. Pengambilan sampel tersebut dikenal dengan sampel penuh atau 100% dari jumlah keseluruhan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes objektif (pilihan ganda). Teknik analisis datanya dengan cara mengumpulkan hasil tes, memberikan penilaian sesuai dengan pedoman penskoran, mencari persentase untuk setiap aspek membaca pemahaman, serta menghitung rerata. Hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa kelas 3 Sekolah Dasar 147 Pekanbaru ada 60% siswa yang dapat membaca dengan baik, sedangkan 30% lainnya berada ditahap mengerti tetapi masih terdapat beberapa kesalahan saat membaca, dan 10% lainnya belum dapat membaca arab melayu dengan baik.
Copyrights © 2022