Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
2022: SPECIAL EDITION: LALONGET III

Pengembangan Model Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa pada Membaca Efektif Terintegrasi dengan Pendidikan Karakter di Era Merdeka Belajar

Albaburrahim, Albaburrahim (Unknown)
Rahman, Ainur (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model bahan ajar pembelajaran bahasa yang terintegrasi dengan pendidikan karakter khususnya pada topik membaca efektif di era merdeka belajar. Salah satu penyebab muncul kondisi ini adalah bahwa membaca masih berlangsung secara monoton dan membosankan, dan juga adanya degradasi moral peserta didik dalam kehidupan masyarakat. Sehingga perlu adanya pengembangan terhadap efektifitas pembelajaran bahasa indonesia pada membaca efektif yang berorientasi pada nilai-nilai karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan mengkolaborasikan data dengan model bahan ajar yang memadukan dengan pendidikan karakter. Hasil penelitian ini menunjukkan, yaitu: 1) bahan ajar yang berbasis model pembelajaran sangat efektif dalam keterampilan membaca bagi para peserta didik, (2) bahan ajar dalam model pembelajaran dapat dikembangkan dalam pendidikan karakter di era medeka belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...