Patria Educational Journal
Vol 2 No 2 (2022): Volume 2 Nomor 2 Juni 2022

Pengembangan Media Video Interaktif Berbasis Problem Solving Materi Membandingkan Nilai-Nilai dan Kebahasaan Cerita Rakyat dan Cerpen Siswa Kelas X MA Maftahul Ullum Jatinom Kabupaten Blitar

Afifatul Husna (Mahasiswa)
Agus Hermawan (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Sri Utami (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Abstrak: Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses belajar siswa. Melihat hasil belajar siswa yang menurun, menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi juga cukup rendah. Media yang dirasa tepat dan sesuai dengan kondisi saat ini adalah media pembelajaran e-learning (pembelajaran elektronik). Dengan perkembangan zaman setiap pendidik dituntut untuk menjadi seorang yang lebih kreatif dan inovatif khususnya dalam dunia pendidikan. Media pengembangan video interaktif berbasis problem solving merupakan media dan metode pembelajaran yang lebih efektif dan efisien bagi siswa dan guru. Dalam pembelajaran dalam bentuk media audio-visual yang menampilkan pembelajaran dua arah yang sekaligus dapat menampilkan gambar materi serta musik untuk merangsang konsentrasi dalam pembelajaran. Dengan pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang memiliki empat tahap utama, yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Model serta metode yang dipilih ini karena bertujuan untuk menghasilkan produk berupa video interaktif berbasis problem solving. Produk yang dikembangkan kemudian diuji kelayakkan dengan validitas dan uji coba produk untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar serta peningkatan motivasi belajar pada peserta didik. Abstract: Learning media has an important role in the student learning process. Seeing the decline in student learning outcomes, it shows that students' understanding of the material is also quite low. Media that is considered appropriate and in accordance with current conditions is e-learning learning media (electronic learning). With the development of the times, every educator is required to become a more creative and innovative person, especially in the world of education. Problem solving-based interactive video development media is a media and learning method that is more effective and efficient for students and teachers. In learning in the form of audio-visual media that displays two-way learning which can also display material images and soundtracks to stimulate concentration in learning. The development used is a 4-D model which has four main stages, namely: definition, design, development, and deployment. The model and method chosen is because it aims to produce a product in the form of an interactive video based on problem solving. The product developed is then tested for feasibility with validity and product testing to determine the extent to which learning outcomes and learning motivation increase in students.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...