Patria Educational Journal
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2 Nomor 3 September 2022

Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Video untuk Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII

Alfi Nur Fadilah (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Agus Hermawan (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Sri Utami (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Pada dasarnya pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII terdapat materi menulis teks prosedur. Materi menulis teks prosedur merupakan materi yang sangat penting untuk siswa mendalaminya karena meskipun terlihat sepele ternyata banyak yang masih belum memahami tentang cara menulis yang benar. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, peneliti menemukan masih rendahnya motivasi siswa belajar menulis teks prosedur, karena pelajaran ini dianggap biasa, inovasi media pembelajaran yang ada di sekolah membuat siswa hanya belajar mendengarkan dari penjelasan seorang pengajar. Oleh karena itu siswa menjadi kurang bersemangat dalam belajar khususnya materi menulis teks prosedur. Berdasarkan permasalahan tersebut, siswa membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan dapat mendukung proses pembelajaran dalam mencapai tujuan dan indikator pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil produk media Gambar Berseri Berbasis Video untuk menulis teks prosedur siswa kelas VII MTs Maftahul Uluum Jatinom, (2) mengetahui kelayakan produk yang meliputi kevalidan, dan kemenarikan penggunaan media Gambar Berseri Berbasis Video untuk menulis teks prosedur siswa kelas VII MTs Maftahul Uluum. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reserch and development (R&D), dengan model Borg & Gall dengan tujuh langkah yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, validasi, revisi produk, uji coba lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil uji coba pengembangan media gambar berseri berbasis video dengan tingkat kevalidan dari ahli media 86% (sangat layak). Ahli materi mendapatkan 80% (layak). Guru mendapatkan 86% (sangat layak). Siswa mendapatkan 90% (sangat layak). Dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VII dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi teks prosedur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...