Patria Educational Journal
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2 Nomor 3 September 2022

Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Kademangan

Moch Rio Pambudi (Universitas Negeri Gorontalo)
Masruroh Masruroh (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Kademangan diketahui memiliki hasil belajar siswa rendah. Permasalahan rendahnya hasil belajar didasarkan data hasil ulangan harian siswa. Data hasil ulangan harian siswa pada materi sebaran flora dan fauna dunia menunjukan nilai rata-ratanya 70. Hal tersebut belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesar 75 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran GI di kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Kademangan. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain 2 siklus penerapan model pembelajaran. Subyek penelitian ini yaitu kelas XI IPS 3 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal essai sebanyak 4 butir untuk pengukuran hasil belajar. Analisis hasil belajar dengan cara membandingkan nilai rata siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan. Hasil penerapkan model pembelajaran GI menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 75,44 pada siklus II nilai rata-ratanya meningkat menjadi 78,15. Peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II sebesar 3,59%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...