Jurnal STEI Ekonomi
Vol 31 No 02 (2022): [Jurnal STEI Ekonomi - JEMI] Vol. 31 No. 02 (Desember 2022)

Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan

Yusuf Suhardi (Indonesian Collage of Economics (STEI))
Zulkarnaini Zulkarnaini (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)
Agustian Burda (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)
Arya Darmawan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)
Adila Nur Klarisah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di sekolah olah raga Binasehat di Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel bebas yaitu: Harga (X1), Kualitas Pelayanan (X2), Fasilitas (X3) dan terdapat 1 variabel terikat yaitu Kepuasan Pelanggan (Y). Jumlah sampel yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 105 responden dan seluruh variabel diukur menggunakan skala Likert. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Analisis yang digunakan adalah Uji t dan koefisien determinasi menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan, variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dan variabel Fasilitas berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan. Kontribusi pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 28,4%, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 48,6% dan kontribusi pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pelanggan sebesar 65,2%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal STEI Ekonomi has been published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. JEMI published two times a year in June and December. Jurnal STEI Ekonomi (JEMI) focuses on issues pertaining empirical investigation on Indonesian economics, accounting and management. JEMI aimed to tie ...