Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 5 (2022)

KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SDN 84 PEKANBARU

Rika Amelia (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau)
Dea Mustika (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN 84 Pekanbaru dan solusi untuk mengatasi kesulitan operasi hitung pembagian pada siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang didapatkan dalam penelitian ini berasal dari 5 orang siswa kelas IV. Dalam penelitian ini Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan uji keabsahan data triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SDN 84 Pekanbaru .. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa yang kurang memahami konsep pembagian sebagai pengurangan berulang, kurang memahami keterampilan berhitung pembagian bersusun kebawah, serta sulitnya memahami operasi hitung pembagian dalam bentuk soal cerita.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...