Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 5 (2022)

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN TEMA 6 SUBTEMA 3 UNTUK KELAS V SDN 21 PEKANBARU

Susti Nanda Giatri (Unknown)
Dea Mustika (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengembangan e-modul berbasis metode inkuiri serta mengetahui validitas pengembangan e-modul berbasis metode inkuiri. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang dibatasi sampai tahap development. Validator penelitian ini diujikan melalui 2 orang ahli materi, 2 orang ahli desain dan 2 orang ahli bahasa. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan wawancara, angket lembar validasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah proses pengembangan e-modul berbasis metode inkuiri diawali tahap analisis kebutuhan, kurikulum dan materi. Kemudian dilaksanakan tahap perancangan produk, sehingga dapat dilanjutkan pada tahap validitas. Pengembangan e-modul pada pembelajaran tema 6 sub tema 3 pada pembelajaran tematik kelas V SDN 21 Pekanbaru bisa dipergunakan sebagai bahan ajar atau buku pegangan ajar siswa dan telah memenuhi kriteria sangat baik dengan validitas rata-rata persentase skor 95% yang diujikan melalui ahli desain sebesar 97%, pada ahli materi sebesar 92% dan ahli bahasa sebesar 97% serta sangat valid digunakan. Saran penelitian adalah diperlukannya penerapan E-modul agar mengetahui keefektifan serta kepraktisan dalam penggunaanya saat proses pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...