Irfani
Vol. 18 No. 2 (2022): Irfani (e-Journal)

Implementasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa terhadap Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Pare-pare

Ahdar Ahdar (IAIN Pare-pare)
Musyarif Musyarif (IAIN Pare-pare)
Munirah Munirah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana motivasi belajar siswa SMA Negeri 3 Pare-pare terhadap bidang studi Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bidang studi melakukan berbagai usaha yang terbagi kepada usaha yang dilakukan di dalam kelas, meliputi pemberian motivasi secara langsung, pemberian tugas, mengumumkan hasil ujian, penerapan metode diskusi kelas, dan tanya jawab tentang materi, serta pembentukan kelompok belajar. Kemudian usaha yang dilakukan di luar kelas yang terkait dengan pengajian rutin, pengaktifan shalat berjamaah, ceramah setelah shalat dhuhur, pesantren kilat, dan peringatan hari besar Islam serta dialog keagamaan setiap tahun. Pada dasarnya, motivasi belajar siswa SMA Negeri 3 Pare-pare cukup tinggi terhadap bidang studi Pendidikan Agama Islam. Ini berdasarkan dengan tes motivasi yang diberikan kepada jumlah responden. Hanya saja, memang masih sangat diperlukan usaha-usaha dari guru bidang studi untuk lebih meningkatkan lagi motivasi yang sudah ada, di samping masih ada sebagian siswa yang harus mendapat perhatian dan dorongan dari guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IRFANI

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Irfani adalah Jurnal Pencerahan untuk peradaban. diterbitkan oleh Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai ...