Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

HAMBATAN-HAMBATAN YANG DIALAMI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

Kolivia (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nazaryo Radja (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Kelik Wachyudi (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Acep Bahrum Kamil (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan perubahan yang signifikan pada proses belajar dan mengajar. Dengan memperhatikan dampak tersebut maka penelitian ini membahas mengenai hambatan-hambatan yang dialami mahasiswa selama pembelajaran daring.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvetigasi kendala yang selama ini ditemukan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Metode yang diguanakan adalah studi pustaka. Pengumpulan data diperoleh dari artikel penelitian sebelumnya, peneliti mencari artikel yang relevan dengan permasalahan yang sedang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, display data, dan penarikan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga hambatan yaitu: 1) sarana prasarana atau fasilitas yang kurang memadai, 2) kesulitan mahasiswa dalam memahami materi, dan 3) keterbatasan kemampuan dosen dalam memanfaatkan teknologi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...