Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk melihat ada atau tidak pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada tema Panas dan Perpindahannya kelas V SD. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 63 siswa kelas V MI Muhammadiyah 01 Watukebo yang meliputi kela VA dan VB. Sebelum dilakukan uji t, dilakukan uji normalitas. Hasil dari perhitungan uji statistik independent sample t-test menggunakan program SPSS versi 23, diperoleh nilai hasil thitung = 2,574 sedangkan ttabel, diketahui db = (32+31)-2 =61 dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai ttabel = 1,670. Berdasarkan penjelasan tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2,574 > 1,670. Demikian hipotesis alternatif dapat diterima, bahwa apabila thitung > ttabel maka terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa pada tema Panas dan Perpindahannya kelas V SD. Hasil uji keefektifan relatif menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL menunjukkan lebih efektif sebesar 31,66% jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2022