JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan)
Vol. 6 No. 1 (2022)

Perencanaan Pembelajaran Melalui Kolaborasi Wali Murid Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik Semasa Pandemi Covid-19

Sri Maharani (Unknown)
A.Wahab Jufri (Unknown)
Nyoman Sridana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencaan dalam proses pembelajaran kolaborasi wali murid dan guru semasa pandemi Covid-19 dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik Paud di Desa Kawo Kecamatan Pujut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif dan dilaksanakan di TK Dharma Wanita Gilik dan TK Pertiwi Kawo yang berada di wilayah Desa Kawo Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Sekolah, guru, dan Wali Murid TK Dharma Wanita Persatuan Gilik dan TK Pertiwi Kawo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan wali murid di kedua sekolah telah merencanakan pembelajaran secara kolaboratif sebelum guru melaksanakan pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpap

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan (JPAP) adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan dan diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Mataram. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Administrasi Pendidikan. Pada ...