Wahana Didaktika
Vol. 20 No. 3 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Pewara Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Palembang

Hetilaniar Hetilaniar (Universitas Negeri Semarang)
Subyantoro Subyantoro (Universitas Negeri Semarang)
Rahayu Pristiwati (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat analisis hasil dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi pewara mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder karena menggunakan sumber berupa dokumen, buku, internet dan media masa. Hasil penelitian adalah penerapan pembelajaran berdiferensiasai pada materi pewara mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia sudah diterapakan dengan baik sesuai dengan kesiapan belajar mahasiswa, minat mahasiswa dan profil belajar mahasiswa. Gaya belajar pada mata kuliah pewara yaitu visual, auditori dan kinestetik. Terdapat empat prinsip pembelajaran berdiferensiasi yaitu lingkungan belajar, kurikulum yang berkualitas, penilaian yang menunjukkan hasil belajar dan instruktur yang menjawab kebutuhan mahasiswa. Komponen pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan adalah konten, proses dan produk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...