AL-Fikr
Vol 24 No 2 (2022): Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam

HIKMAH EDUKATIF NUZUL AL-QUR'AN

Achmad Abubakar (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Hasyim Haddade (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Almutawakkil Alallah (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2022

Abstract

Artikel ini membahas tentang nuzul al-Qur’an, terkait dengan proses dan hikmah yang terdapat di dalamnya. Dalam artikel ini terdapat dua poin penting yang menjadi fokus bahasan, yaitu proses turunnya al-quran dan yang kedua adalah hikmah dari segi edukatifnya. Tujuan penulisan artikel ini untuk memberikan pemahaman dasar tentang nuzul al-Qur’an. Artikel merupakan artikel yang berbasis penelirian pustaka yang bersifat deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah al-Quran diturunkan secara sekaligus dan berangsur-angsur. Hikmah diturunkannya al-Quran secara berangsurangsur adalah untuk mempermuda memahaminya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alfikr

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Al-Fikr diterbitkan oleh Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar. Al-Fikr diterbitkan pertama kali bulan juni 1996 dengan nama jurnal al Fikr : World Journal for Islamic Studies kemudian berubah pada tahun 2002 dengan nama al-Fikr : Jurnal Pendidikan Islam. Al-Fikr adalah ...