Bivalen: Chemical Studies Journal
Vol. 5 No. 1 (2022)

Persepsi siswa SMA tentang pembelajaran kimia menggunakan Google classroom

Sukemi, Sukemi (Unknown)
Rindoi, Muhammad (Unknown)
Kusumawardani, Ratna (Unknown)
Watulingas, Maasje C. (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang pembelajaran kimia secara daring menggunakan Google classroom. Populasi dalam penelitian ini adalah 216 siswa kelas X IPA SMA N 2 Samarinda tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian adalah 68 siswayang terdiri atas 20 laki-laki dan 48 perempuan yang dipilih secara acak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Persepsi siswa yang diukur adalah kemudahan akses, manfaat, komunikasi dan interaksi, pengiriman instuksi, dan kepuasan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif tentang pembelajaran kimia secara daring menggunakan Google classroom. Penelitian ini mengindikasikan bahwa Google classroom merupakan solusi bagi guru, khususnya guru kimia, dalam melaksanakan pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bivalen

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Bivalen: Chemical Studies Journal (e-issn: 2615-8426; p-issn: 25\615-8418), disingkat Biv. Chem. Stud. J., dipublikasikan oleh Program Studi S-1 Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia. Frekuensi publikasi terdiri 2 isu ...