Computer and Informatics Education Review
Vol 3 No 02 (2022): Computer and Informatics Education Review, June

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

ahmad afif (Universitas dehasen bengkulu)
Hermawansa Hermawansa (Pendidikan Komputer)
Edy Susanto (Universitas Dehasen)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Youtube pada mata pelajaran teknik jaringan komputer dan telekomunikasi terhadap hasil belajar di kelas X TKJ 2 SMKN 3 Seluma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan statistik dalam menganalisis data, serta data yang didapatkan yaitu berupa angka- angka. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quast eksperiment) dengan desain penelitian yaitu One-Group Pretest-Posttest dengan membandingkan nilai pembelajaran dengan metode ceramah atau sebelum diberi perlakuan (pretest) dengan nilai setelah diberi perlakuan (posttest). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan tes. Hasil penelitian : (1) Penggunaan media video Youtube dalam pembelajaran di X TKJ SMKN 3 Seluma. dilakukan dengan cara memutar video Youtube menggunakan bantuan proyektor. Penggunaan media video Youtube ini mendapatkan nilai akhir 40% dengan predikat sedang. (2) Efektivitas penggunaan media video Youtube dalam pembelajaran di kelas X TKJ 2 SMKN 3 Seluma tidak efektif digunakan sebagai media pembelajaran , Dari hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakukan yang diberikan pada masing-masing variabel Yang berarti penggunaan media video Youtube tidak efektif. Yaitu dengan Nilal signifikansi (2-tailed) 0.011 > 0.05. Kata kunci : Efektivitas, Media Youtube, Hasil Belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cier

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Computer and Informatics Education Review - CIER a peer-reviewed and open-access journal published by the Faculty of Education and Teacher Training Universitas Dehasen Bengkulu in associated with Budapest International Research and Critics University (BIRCU) Publisher. CIER scoped in Computer ...