cover
Contact Name
Fadlul Amdhi Yul
Contact Email
fkip@unived.ac.id
Phone
+6285263027227
Journal Mail Official
fkip@unived.ac.id
Editorial Address
Jalan Meranti Raya Nomor 32 Kelurahan Sawah Lebar Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Computer and Informatics Education Review
ISSN : 00000000     EISSN : 27235726     DOI : https://doi.org/10.33258/cier
Core Subject : Education,
Computer and Informatics Education Review - CIER a peer-reviewed and open-access journal published by the Faculty of Education and Teacher Training Universitas Dehasen Bengkulu in associated with Budapest International Research and Critics University (BIRCU) Publisher. CIER scoped in Computer Education; Informatics and Communication Technology-based Education; Multimedia-based Education Development; Digital Teaching Material Development; Vocational Education and Education Software Development. CIER is published every six months in June and December each year.
Articles 64 Documents
MINAT SISWA KELAS IX SMP NEGERI 17 BENGKULU UTARA UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Jefrian Hefrian
Computer and Informatics Education Review Vol 3 No 01 (2022): Computer and Informatics Education Review, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/cier.3012022.1955.17-21

Abstract

Biaya pendidikan di Indonesia saat ini sangat tinggi, hal itu menjadi penghalang harapan orang tua untuk dapat membiayai anaknya supaya memperoleh jenjang pendidikan yang tinggi hingga Perguruan Tinggi. Hanya sebagian masyarakat Indonesia yang dapat melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi dan tidak sedikit yang hanya dapat melanjutkan sampai tingkat menengah atau kejuruan saja. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui minat siswa kelas IX SMP N 17 Bengkulu Utara untuk melanjutkan studi ke SMK dari aspek ekonomi. Pendekatan yang digunakan adalah analisis kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Minat melanjutkan studi ke Sekolah Menengah Kejuruan siswa kelas IX SMP Negeri 17 Bengkulu Utara dalam kategori tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil penelitian menyatakan bahwa 52% dari responden memiliki minat dalam kategori tinggi
G GAMBARAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID 19 KELAS X TKR SMK S8 GRAKARSAA KOTA BENGKULU resti nopita sari
Computer and Informatics Education Review Vol 3 No 02 (2022): Computer and Informatics Education Review, June
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/cier.3022022.2202.1-5

Abstract

This study aims to determine the description of student's motivation in learning digital commucations during the covid 19 pandemic. this research was conducted on 30 - 30 september 2021 at SMK S8 Grakarsa Bengkulu City, street Adam Malik Km8. the benefits of this research are that it makes students enthusiastic about learning in participating in learning minimizes feclings of boredom, helps student no to give up easily. the approach method used in this study uses descrriptive qualitative methods, whith interviews, and observations and documentation. this researchers at SMK S8 Grakarsa Bengkulu City with the subject of teacher researchers teaching in class X TKR on digital commucation simulation subjectc, the result of this study were obtained through interviews and observations of the results of interviews conducted on Mrs. E. it indicated that the teacher to the students was inaccorgiven by the teacher function as a facilitator an motivator.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ahmad afif; Hermawansa Hermawansa; Edy Susanto
Computer and Informatics Education Review Vol 3 No 02 (2022): Computer and Informatics Education Review, June
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/cier.3022022.2467.5-9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Youtube pada mata pelajaran teknik jaringan komputer dan telekomunikasi terhadap hasil belajar di kelas X TKJ 2 SMKN 3 Seluma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan statistik dalam menganalisis data, serta data yang didapatkan yaitu berupa angka- angka. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quast eksperiment) dengan desain penelitian yaitu One-Group Pretest-Posttest dengan membandingkan nilai pembelajaran dengan metode ceramah atau sebelum diberi perlakuan (pretest) dengan nilai setelah diberi perlakuan (posttest). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan tes. Hasil penelitian : (1) Penggunaan media video Youtube dalam pembelajaran di X TKJ SMKN 3 Seluma. dilakukan dengan cara memutar video Youtube menggunakan bantuan proyektor. Penggunaan media video Youtube ini mendapatkan nilai akhir 40% dengan predikat sedang. (2) Efektivitas penggunaan media video Youtube dalam pembelajaran di kelas X TKJ 2 SMKN 3 Seluma tidak efektif digunakan sebagai media pembelajaran , Dari hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakukan yang diberikan pada masing-masing variabel Yang berarti penggunaan media video Youtube tidak efektif. Yaitu dengan Nilal signifikansi (2-tailed) 0.011 > 0.05. Kata kunci : Efektivitas, Media Youtube, Hasil Belajar.
HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X SMKS 8 GRAKARSA KOTA BENGKULU Nurhanifa Fadhyla Lubis; Fadlul Amdhi Yul; Yenni Fitria
Computer and Informatics Education Review Vol 3 No 01 (2022): Computer and Informatics Education Review, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/cier.3012022.2807.1-5

Abstract

Penelitian untuk mengetahui hubungan pemanfaatan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital dikelas X SMKS 8 Grakarsa Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh team putri cipta mulya Kabupaen Bengkulu Utara, sebanyak 24 ora Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa seluruh kelas X yang berjumlah 26 siswa. pengumpulan data primer dan skunder. Analisis yang digunakan dengan menggunakan analisis Pearson Product Moment, digunakan untuk menganalisis hubungan antara dua variable. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi dari kedua variabel tersebut adalah signifikan, oleh karena signifikasi yang menyertainya lebih keil dari 0,05 (0,015 < 0,05). Korelasi yang terjadi bersifat positif r=0.473, artinya apabila variabel bebas (independent) meningkat, maka akan disertai oleh meningkatnya variabel terikat (dependent), korelasi yang terjadi berada dalam kategori sangat sedang.
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS REACH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X SMKN 2 BENGKULU TENGAH Rapi Sandora; Diah Selviani; Hermawansa Hermawansa
Computer and Informatics Education Review Vol 3 No 01 (2022): Computer and Informatics Education Review, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/cier.3012022.2808.12-16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiibagaimana pengaruh media pembelajaran berbasis reach terhadap hasil belajar siswa pada imata pelajaran simulasi idigital idi iSMK iNegeri i2 Bengkulu Tengah. untuk mengetahui apa saja faktor internal dan eksternal yang ditemukan ketika media pembelajaran berbasis Reach terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital SMKN i2 Bengkulu Tengah. Metode iyang idigunakan idalam ipenelitian iini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif iyaitu isuatu iproses imenemukan pengetahuan idengan menggunakan idata iberupa angka. Dengan membandingkan nilai sebelum diberi perlakuan (pretest) dengan nilai setelah diberi perlakuan (posttest). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner, dokumentasi dan tes. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Tkj yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis reach lebih tinggi dibanding sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis reach , yaitu 96,6% siswa yang belum mencapai KKM sebelum dilaksanakan media pembelajaran dan setelah melakukan media pembelajaran berbasis reach hanya 10% siswa yang belum mencapai KKM. Hasil analisis data dengan uji t hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test dengan nilai asym sig. (2- tailed) yaitu 0,000 < 0,05
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL Reci Loveta Optapia; Jumiati Siska; Imma Rachayu
Computer and Informatics Education Review Vol 3 No 01 (2022): Computer and Informatics Education Review, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/cier.3012022.2809.6-11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dengan jenis penelitian kuntitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru simulasi komunikasi digital dan siswa kelas X TKR SMK S 8 Grakarsa Bengkulu. Teknik sampling menggunakan total sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan mengambil seluruh jumlah populasi. Berdasarkan hal tersebut sampel dalam penelitian ini berjumlah 1 guru dan 11 siswa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji t-test. Hasil uji t-test menunjukan nilai instrumen angket untuk metode demonstrasi (post-test) nilai rata-rata (mean) sebesar 33,27 dan nilai standar deviasi (Std. Deviation) sebesar 2.195. Soal pilihan ganda menunjukan dengan metode demonstrasi (post-test) nilai rata-rata (mean) sebesar 7,73 dan nilai standar deviasi (Std. Deviation). Hal ini menunjukan bahwa adanya efektivitas metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa kelas x di SMK S 8 Grakarsa Bengkulu.
GAMBARAN METODE DEMONSTRASI DALAM MATERI POKOK WAN DI KELAS XI TKJ SMKN 3 KOTA BENGKULU Sela Senja Sari; Diah Selviani; Jumiati Siska
Computer and Informatics Education Review Vol 3 No 01 (2022): Computer and Informatics Education Review, Januari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/cier.3012022.2810.22-26

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan metode demonstrasi pada materi pokok WAN di kelas XI TKJ 1 SMKN 3 Kota Bengkulu. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif fenomenologi. Fokus penelitian yang dilaksanakan adalah untuk menjelaskan metode demontrasi dalam pembelajaran kejuruan materi WAN di kelas XI TKJ 1 SMKN 3 Kota Bengkulu. Hasil dari analisis data terhadap kuisioner atau angket yang dilakukan menghasilkan perolehan data dengan kriteria atau kategori pengajaran metode demonstrasi sangat baik sebesar 27%, kategori baik 56%, kategori cukup sebesar 14%, kategori kurang sebesar 2% dan kategori sangat kurang sebesar 1%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada materi pokok WAN dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas XI TKJ 1 SMKN 3 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori baik.
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL DI KELAS X SMK S 8 GRAKARSA BENGKULU Rupita Rupita; Jumiati Siska; Diah Selviani
Computer and Informatics Education Review Vol 3 No 03 (2022): Computer and Informatics Education Review, Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/cier.3022022.2815.10-14

Abstract

Penelitian untuk mengetahui hubungan pemanfaatan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital dikelas X SMKS 8 Grakarsa Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh team putri cipta mulya Kabupaen Bengkulu Utara, sebanyak 24 ora Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa seluruh kelas X yang berjumlah 26 siswa. pengumpulan data primer dan skunder. Analisis yang digunakan dengan menggunakan analisis Pearson Product Moment, digunakan untuk menganalisis hubungan antara dua variable. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi dari kedua variabel tersebut adalah signifikan, oleh karena signifikasi yang menyertainya lebih keil dari 0,05 (0,015 < 0,05). Korelasi yang terjadi bersifat positif r=0.473, artinya apabila variabel bebas (independent) meningkat, maka akan disertai oleh meningkatnya variabel terikat (dependent), korelasi yang terjadi berada dalam kategori sangat sedang.
PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BASIS GAME SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TKJ Muhammad Syawal Pratama Putra; Hermawansa Hermawansa; Diah Selviani
Computer and Informatics Education Review Vol 3 No 03 (2022): Computer and Informatics Education Review, Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/cier.3032022.3047.1-6

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Basis Game Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa TKJ pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan dasar (KJD). Penelitian ini digunakan jenis penelitian kuantitatif. Penentuan sample pada penelitian ini digunakan teknik sample Simple Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 26 siswa TKJ. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan butir penyataan angket dengan berjumlah 20 dan soal tes dengan berjumlah 25 soal. Data yang tekumpul dihitung menggunakan rumus T-Test untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada variabel X dan variabel Y yang sangat berpengaruh. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan media pembelajaran Game Simulasi yang berpengaruh dengan media pembelajaran langsung (non simulasi).
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKKOMUNIKASI Hermawansa, Hermawansa; Selviani, Diah
Computer and Informatics Education Review Vol 3 No 03 (2022): Computer and Informatics Education Review, Desember
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33258/cier.3032022.3589.1-5

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi di X TKJ SMK Negeri 3 Seluma, (2) mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi di kelas X TKJ SMK Negeri 3 Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Seluma. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pada penelitian ini kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan media video dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol yang diajar tidak menggunakan media video. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t. (1) Hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media video terhadap hasil belajar membuat hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen menjadi 80,67. (2) Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada data post-test tersebut maka di peroleh nilai Thitung= 3,836 dan nilai Ttabel = 2,00 dengan nilai signifikan 0,000. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dilihat bahwa Thitung > Ttabel sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi.