Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 4 No. 01 (2022): Agustus

Strategi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Muh Luqman Arifin (Universitas Peradaban)
Eha Pitriyanita (Universitas Peradaban)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Gunungsugih 02 yang bersikap sopan, ramah, dan tanggap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pendidikan karakter di dalam pembelajaran tematik tema 8 di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunungsugih 02. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (semi struktural), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan karakter dilakukan melalui keteladanan, penanaman disiplin, pembiasaan, menciptakan suasana yang kondusif, serta integrasi dan internalisasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...