Jurnal AlphaEuclidEdu
Vol 3, No 1 (2022): Volume 3 Number 1 Juli 2022

ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Jeremy Silvius (PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA)
Mohamad Rif'at (PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA)
Zubaidah R (PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk .mendeskripsikan secara utuh RPP pendekatan saintifik yang dibuat oleh guru matematika di SMPN 1 Samalantan sebagai bahan persiapan mengajar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan jenis penelitian penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 1 orang guru matematika yang telah menggunakan pendekatan saintifik terhadap RPP.objek penelitian ini adalah. rencana pelajaran pembelajaran guru. Alat pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah berupa observasi. lembar.untuk guru RPP.dengan.pendekatan.ilmiah.dan.lembar observasi untuk guru pelaksana.Rencana.dengan.pendekatan ilmiah. Hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan sebagai berikut. (1) persentase nilai hasil isi RPP adalah 97,56% dalam kategori sangat baik sesuai dengan pedoman lembar observasi RPP yang digunakan guru; (2) Penyajian hasil observasi pelaksanaan RPP dengan menggunakan lembar observasi pada. Implementasi RPP guru di kelas mendapat skor 2,07 berkisar 1-4 dengan kategori cukup sehingga dapat diketahui bahwa kemampuan guru dalam proses pembelajaran menggunakan metode saintifik. .approach. masih belum efektif.Kata kunci: RPP, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Matematika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AlphaEuclidEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal AlphaEuclidEdu adalah Jurnal Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tanjungpura yang mencakup bidang keilmuan matematika dan pendidikan matematika dengan rincian: 1) Belajar dan Pembelajaran Matematika, 2) Media dan Sumber Belajar Matematika, 3) Kurikulum Matematika, 4) Evaluasi ...