Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 1 No. 8 (2022): Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

Layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (SP4N-LAPOR) pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar

Sinta Yulia (Universitas Padjadjaran)
Agus Rusmana (Universitas Padjadjaran)
Encang Saefudin (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Sp4n-Lapor!) merupakan layanan yang dibentuk oleh pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik dan mempermudah masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduan secara online. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan gambaran mengenai faktor-faktor atau komponen yang menyebabkan adanya keterlambatan pada Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Sp4n-Lapor!) pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Referensi teori yang digunakan yaitu mengenai manajemen layanan. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan temuan baru terkait faktor sebenarnya yang menyebabkan adanya keterlambatan diantaranya yaitu, ketiadaan SOP, kurangnya kerjasama antara super admin dan admin penghubung, dan akses website Sp4n-Lapor! yang lambat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nautical

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Engineering

Description

1. Humanities and social sciences 2. Contemporary political science 3. Education science 4. Religion and philosophy 5. engineering science 6. Business and economy 7. cooperative 8. technology 9. HR Development 10. Design and media ...