Pendidikan yang berkualitas bisa diperoleh melalui proses bembelajaran yang baik, sehingga diperlukan model pembelajaran yan tepat untuk meraih tujuan proses belajar. Tujuan dari penelitian ini yakni melihat pengaruh dari penerapan akan model project based learning dalam mata pelajaran Teknik gambar manufaktur untuk meningkatan kompetensi siswa dari kelas XI di SMKN 1 Sumatera Barat. Populasi dan sampel penelitian ini siswa kelas XI Teknik Pemesinan 2 Grup A SMKN 1 Sumatera Barat yang berjumlah 14 orang. Penelitian dilaksanakan melalui tahapan melakukan perencanaan, melaksanakan,mengamati dan merefleksi yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik Analisa data yang dipakai yakni Teknik Analisa ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal untuk melihat pengaruh model belajar yang diterapkan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilaksanakan didapatkan hasil belajar terus meningkat untuk siklus II. Dari yang hanya mencapai nilai ketuntasan sebesar (64%) untuk aspek pengetahuan dan (57%) untuk aspek keterampilan pada siklus I. Di siklus II ada beberapa perbaikan dan refleksi agar hasil lebih memuaskan. Presentase pada siklus II meningkat sebesar (85,7%) untuk aspek pengetahuan dan (93%) untuk aspek keterampilan setelah model pembelajaran project based learning diterapkan. Jadi, dapat diambil kesimpulan dimana secara keseluruhan mencapai keberhasilan dengan pembelajaran project based learning yang ditemukan pelajaran yang dipakai dapat membantu hasil belajar pada Siklus II.
Copyrights © 2022