Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Vol 7, No 2 (2022): Oktober

Aplikasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Vlog terhadap High Order Thinking Skill pada Masa Pandemi Covid-19

Viranda Putri Khairna (Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia)
Sukardi Sukardi (Universitas Mataram)
Nurlaili Handayani (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model project based learning berbantuan media vlog terhadap high order thinking skill (HOTS) siswa SMA pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen kuasi dengan rancangan posttest only with non-equivalent control group design. Hasil peneilitian menunjukkan adanya perbedaan HOTS antra kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,023 < 0,05. Dengan nilai mean kelas eksperimen (80,03) > mean kelas kontrol (60,71), disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning berbantuan media vlog terhadap high order thinking skill  siswa SMA pada masa pandemi Covid-19. Implikasi praktis adalah bahwa model project based learning berbantuan media vlog dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan high order thinking skill dalam pembelajaran sosiologi pada masa pandemi Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 ...