Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 10, No 2 (2022)

Keefektifan Pengajaran Fisika Menggunakan Modul Elektronik Berbasis Multirepresentasi di SMA Negeri 15 Palembang

May Sari (Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP , Universitas Sriwijaya)
Sardianto Markos Siahaan (Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP , Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas modul elektronik berbasis multirepresentasi  materi suhu dan kalor yang digunakan pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 15 Palembang terhadap hasil belajar dan mencari hubungan gaya belajar dengan hasil belajar. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain one group pretest-posttest design. Instrumen pada penelitian ini berupa tes hasil belajar siswa dengan format pilihan ganda, dari data hasil tes tersebut dilakukan analisis n-gain. Hasil yang didapat yaitu dengan nilai rata-rata pretest siswa yaitu 47,61 nilai rata-rata posttest siswa yaitu 80,97. Hasil analisis n-gain yaitu 0,629 dengan kategori keefektifan sedang. Hasil data angket gaya belajar  menggunakan uji korelasi dan didapatkan hasil siswa memiliki gaya belajar visual 43 siswa, audiotorial 16 siswa dan kinestetik sebanyak 8 siswa dengan koefisien korelasi 0,412 dengan kategori korelasi cukup. Jadi pembelajaran fisika menggunakan modul elektronik berbasis multi representasi efektif terhadap hasil belajar fisika serta terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar fisika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...