ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 12, No 1 (2022): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

EFEKTIVITAS E-MODULE INTERAKTIF BERBASIS BUDAYA LOKAL MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBAHASA DAN APRESIASI SASTRA INDONESIA SD

Faisal Faisal (Universitas Negeri Medan)
Erlinda Simanungkalit (Unknown)
Masta Marselina Sembiring (Unknown)
Stelly Martha Lova (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas e-module berbasis budaya lokal Sumatera Utara pada matakuliah Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia SD. Melalui e-module ini, mahasiswa dari luar Sumatera Utara memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru terkait budaya lokal yang ada di Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). Data dikumpulkan menggunakan  observasi dan tes uji keberhasilan belajar mahasiswa (uji efektivitas). Data hasil penelitian kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas e-module dari aspek mahasiswa diperoleh rata-rata 81,57% dengan kategori Sangat Baik. Sementara, ketuntasan belajar mahasiswa minimal dengan nilai B mencapai 90,27%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...