Renjana Pendidikan Dasar
Vol 2 No 4 (2022): Edisi November 2022

STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS 2 DI SDN 1 SELEBUNG

Dwi Tirta Laksmi (Universitas Mataram)
A. Hari Witono (Universitas Mataram)
Lalu Hamdian Affandi (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2022

Abstract

Membaca mempunyai peranan penting dalam kehidupan, karena dalam pembelajaran tidak lepas dari kegiatan membaca dari setiap bidang studi untuk memperoleh informasi dan pengetahuan. Namun, faktanya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca terutama siswa kelas rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesulitan membaca siswa kelas 2 SDN 1 Selebung dan untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 2 SDN 1 Selebung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan narrative inquiry. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Selebung yang terletak di Desa Selebung, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Bentuk-bentuk kesulitan membaca siswa kelas 2 di SDN 1 Selebung terdiri dari kesulitan mengenal huruf, anak yang membaca kata demi kata, penghilangan huruf atau kata, sulit memusatkan perhatian dan rendahnya daya ingat. Kemudian, strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 2 di SDN 1 Selebung yaitu dengan menerapkan program SAC dengan pembelajaran berbasis level. Keterlibatan semua pihak memiliki peran penting dalam mengatasi kesulitan membaca siswa baik itu kepala sekolah, guru, orang tua, maupun siswa. Oleh karena itu, semua pihak harus memaksimalkan perannya untuk dapat lebih mudah mengatasi setiap permasalahan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...