JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 10 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Evaluasi Kualitas Pembelajaran Tatap Muka Masa New Normal Sekolah Dasar Kecamatan Wates Awal Tahun Ajaran 2022-2023

Utami, Wulan Tri Puji (Unknown)
Utaminingtyas, Siwi (Unknown)
Candrarini, Mujiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian kualitas pembelajaran tatap muka masa new normal sekolah dasar di Kecamatan Wates awal tahun ajaran 2022-2023. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif evaluasi dengan model CIPP dan pengolahan data menggunakan bantuan software Microsoft Excel dan SPSS versi 22. Subjek penelitian adalah guru kelas I-VI dari 4 sekolah dasar di Kecamatan Wates yang berjumlah 24 orang. Keempat sekolah dasar tersebut adalah SD N Pepen, SD N Bendungan I, SD N Karangwuni, dan SD N 4 Wates yang kemudian disebut sampel penelitian. Populasi penelitian adalah sekolah dasar se-Kecamatan Wates. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk penyebaran lembar angket dan diisi oleh 24 responden yaitu guru kelas I-VI sekolah dasar yang menjadi subjek penelitian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Pendekatan Acuan Normatif (PAN). Terdapat 3 kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tinggi (sangat berkualitas) apabila nilai X ? 128, sedang (cukup berkualitas) apabila nilai X di antara 112 ? X ? 128, dan rendah (kurang berkualitas) apabila nilai X < 112. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebanyak 75% atau 18 data dari responden berada pada kategori tinggi. Sebanyak 21% atau 5 data dari responden berada pada kategori sedang, dan 4% atau 1 data dari responden berada pada kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran tatap muka masa new normal sekolah dasar di Kecamatan Wates dinilai berada pada ketegori tinggi (sangat berkualitas).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...