JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 10 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Swasta Karya Bhakti Medan Helvetia

Turnip, Herman Alfredo (Unknown)
Sigiro, Mula (Unknown)
Nainggolan, Juliper (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMP Swasta Karya Bhakti Medan Helvetia. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan angket kuisoner. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan jumlah pertemuan adalah dua setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari kemampuan berpikir kritis peserta didik dan motivasi belajar peserta didik. Kondisi keaktifan belajar peserta didik pada kondisi awal atau pra siklus dari 25 peserta didik hanya 8 orang dengan persentase 32% yang tergolong aktif belajar. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I keaktifan peserta didik meningkat menjadi 15 orang dengan persentase 60%. Dan pada siklus II ini tindakan kembali dilaksanakan dan mengalami peningkatan terdapat 19 peserta didik dengan persentase 76% yang aktif dalam pembelajaran kelompok ini. Sedangkan kondisi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kondisi awal atau pra siklus dari 25 peserta didik hanya 10 diantaranya sudah mencapai nilai KKM 75 dengan persentase 40% dan 15 sisanya peserta didik masih belum mencapai KKM. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I tingkat kritis peserta didik meningkat menjadi 14 peserta didik yang sudah tuntas mencapai nilai KKM dengan persentase 56%. Dan pada siklus II ini tindakan kembali dilaksanakan dan mengalami peningkatan terdapat 20 peserta didik dengan persentase 80% yang sudah tuntas atau mencapai nilai KKM dalam pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...