JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 11 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik berdasarkan Kurikulum 2013

Wuwur, Erwin Simon Paulus Olak (Unknown)
Saputro, Uung Gundo (Unknown)
Puspita, Linda (Unknown)
Kusumaningrum, Shirly Rizki (Unknown)
Dewi, Radeni Sukma Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang bertujuan untuk menganalisis kesulitann guru dalam menerapkan pembelajaran tematik. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru-guru kelas I, II, dan III pada SDN Watuwara. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) dalam perencanan guru merasa kesulitan ketika memadukan materi pelajaran dalam langkah-langkah pembelajaran pada saat penyusunan RPP. 2) dalam pelaksanaan yakni guru merasa pembelajaran tematik membutuhkan waktu yang lebih banyak, karena isi pembelajaran tidak hanya mencakup satu mata pelajaran saja dan pembelajaran tematik masih berpusat pada guru. 3) dalam evaluasi, guru-guru merasa kesulitan dalam menilai rana afektif karena perbedaan karakterisitik dari setiap siswa berbeda dan guru kesulitan ketika mengisi laporan hasil belajar siswa karena penilaiannya sesuai mata pelajaran. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan guru yakni kepala sekolah mengikutsertakan guru-guru dalam seminar, pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan pembelajaran tematik untuk meningkatkan kualitas para guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...