JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 12 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Retorika Nation Branding dalam Pesona Indonesia sebagai Media Pemasaran Pariwisata Indonesia

Anggraini, Dhita Paramita (Unknown)
Winarsih, Anis Dwi (Unknown)
Ulya, Ayu Fitriatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Promosi pariwisata merupakan aspek yang kini menjadi fokus pemerintah dalam meningkatkan potensi sektor pariwisata. Meski aspek infrastruktur juga penting, tetapi perbaikan infrastruktur memakan waktu lebih lama daripada promosi. Salah satu langkah konkret pemerintah Indonesia untuk mempromosikan pariwisata adalah dengan meluncurkan “Pesona Indonesia” sebagai nation branding yang merepres-entasikan daya Tarik pariwisata di Indonesia. Pesona Indonesia merupakan channel yang dibuat oleh Kementerian Parwisata untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia. Selain tersedia dalam bentuk layanan website, calon wisatawan juga dapat melihat video cinematic terkait pariwisata di Indonesia. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Semakin banyak wisatawan yang berkunjung, maka akan semakin besar pula pendapatan negara dari sector pariwisata. Penjelasan setiap tempat pariwisata di ‘Pesona Indonesia’ menggunakan bahasa yang sangat menarik. Dari hasil penelitian diketahui terdapat  dua jenis bentuk retorika yang sering dipakai  yakni yang berup diksi dan gaya bahasa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...