Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 18 No. 1 (2022): Transformasi Juni

Penguatan peran orang tua dalam pemenuhan gizi dan kesehatan mental anak sekolah selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19

Lailatul Muniroh (Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia)
Ika Yuniar Cahyanti (Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia)
Septa Indra Puspikawati (Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

[Bahasa]: Pandemi COVID-19 memaksa pelaksanaan pembelajaran anak sekolah dilakukan secara daring (online). Hal ini berdampak pada munculnya permasalahan seperti kejenuhan siswa, gangguan mood siswa, psikosomatis yang diawali dari rasa cemas/gelisah, stres hingga depresi, kurang gerak pada siswa, dan kecenderungan makan berlebihan. Dibutuhkan peran orang tua untuk membantu siswa mengatasi permasalah tersebut. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi kepada orang tua siswa mengenai pemenuhan gizi seimbang dan kesehatan mental pada anak sekolah selama pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Focuss Group Discussion (FGD) untuk menggali permasalahan siswa dan edukasi penguatan peran orang tua dalam pemenuhan gizi dan kesehatan mental anak. Hasil FGD digunakan sebagai dasar penyusunan dua modul yaitu modul tips pemenuhan gizi seimbang dan modul pemenuhan kesehatan mental anak. Kegiatan edukasi diawali dengan pemberian pretest dan diakhiri dengan pemberian posttest kepada orang tua siswa. Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan orang tua siswa mengenai gizi seimbang dan kesehatan mental anak sebesar 54,5%. Orang tua siswa antusias dan terlibat aktif dalam diskusi selama edukasi berlangsung. Kegiatan edukasi ini ditindaklanjuti dengan pembentukan group Whatsapp sebagai upaya untuk mengontrol agar kegiatan terus berkesinambungan. Kata Kunci: COVID-19, gizi seimbang, kesehatan mental, peran orang tua [English]: COVID-19 pandemic made students do online learning, which resulted in the emergence of problems, such as students’ boredom, mood disorders, psychosomatic starting from anxiety, stress to depression, lack of movement, and the tendency of overeating. It takes the role of parents to help students overcome these problems. The purpose of this community service program was to provide education to parents regarding the fulfillment of balanced nutrition and mental health in school children during online learning. The method used in this program was Focus Group Discussions (FGD) to explore student problems and strengthen the role of parents in fulfilling children's nutrition and mental health. The results of the FGD were used for compiling two modules, namely the tips for fulfilling balanced nutrition and children's mental health. The education program was carried out by administering a pre-test and a post-test. This program showed an increase in the knowledge of parents by 54.5%. During the educational session, the parents were enthusiastic and actively involved in discussions. Then it was followed up with a Whatsapp group as an effort to keep the program sustainable. Keywords: COVID-19, balanced nutrition, mental health, the role of parents

Copyrights © 2022